Singaparna Deui

*postingan udah ndekem lama di draft karna gak slese-slese* *sebok men*

Yaelah kagak bosen apa ke Sinjepow lagi. Ya enggak, kan kali ini gak pake kocek sendiri alias abidin (atas biaya dinas). Gue pergi ke sono sama pak bos dan dua senior lainnya untuk mengunjungi konferensi APLAP: the 29th IFLA Pre-Conference of Library and Research Services for Parliaments dari tanggal 14-18 Agustus 2013 kemarin. APLAP (Association of Parliamentary Librarians of Asia and the Pacific) adalah asosiasi yang menjadi wadah bagi pustakawan parlemen se-Asia Pasifik. Kebetulan salah satu senior gue yang menjabat sebagai presiden APLAP untuk periode tiga tahun belakangan ini.

Biar dikata cumang ngesot ke negara tetangga, persiapannya lumayan rebet dan bermodal. Apalagi untuk bikin paspor dinas. Kena deh foto dua kali karna salah mulu fotonya. Jadi untuk bikin paspor dinas itu, kita mesti menyiapkan pas foto berwarna dengan latar belakang warna putih; pakaian rapih (pake blejer aja biar aman); ukuran 4×6 cm; gak boleh keliatan gigi; kalo pake jilbab, jilbabnya gak boleh nutupin jidat dan pipi; jilbabnya gak boleh warna putih atau hitam (auk karna apa); porsi mukanya 80%; foto gak boleh diedit.

Perjalanan menuju Singapur kali ini menjadi salah satu momen yang tak terlupakan. Baru kali ini gue ngerasa takut naik pesawat. Cuaca pada saat itu emang lagi gak bagus. Goncangan sekali dua kali jadi gak menakutkan setelah mengalami yang namanya pesawat seperti mau jatuh kesedot dari bawah, tapi akhirnya bisa naik lagi. Astaghfirullah, pasrah deh gue kalo memang sudah saatnya. Mana rasa kesedot itu bukan sekali, tapi dua kali! Gue dan temen kantor jadi berzikir. Anak-anak pada nangis histeris ketakutan. Jauh di belakang ada ibu-ibu yang berteriak dengan suara mimbik-mimbik, “Ada apa ini pak??”. Udah kayak di pelem-pelem dah rasanya. Alhamdulillah kami bisa mendarat dengan selamat di Changi. Di bandara, seluruh penumpang tersenyum bahagia. Malah ada penumpang yang bilang gini, “Mendingan naik A*r As*a yaa daripada Gar*da. gak serem kayak tadi!”. Laaah itu kan emang karna cuacanya aja yang gak mendukung malih, bukan salah maskapainya. 😆

Di Sinjepow, selain ngikutin seminar berhari-hari, kami pun jalan kaki keliling kota (literally). Salut dah sama pak bos dan seniors yang kuat bener jalan kaki berkilo-kilo. Walaupun tujuannya adalah tempat-tempat yang sering gue kunjungin macem Marina Bay Sands, Merlion, Mustafa, dan Sentosa, tapi gue seneng-seneng aja karena bisa jadi guide bagi salah satu teman kami yang memang baru pertama kali menginjakkan kaki di Singapura.

Jujur aja tiap waktunya belajar di kelas, ngantuknya gila-gilaan. Makan permen bisa kayak nelen ludah tuh, gak berhenti-henti supaya gak ngantuk. Padahal tema umum yang jadi bahan presentasi cukup menarik, ICT in parliaments. Tapi ya gimana ya. Keknya gue gak bakat bener untuk belajar. Teringat dulu jaman SD sampe kuliah, tiap kali mau ujian kan belajar dulu tuh. Baru buka halaman awal buku udah ngantuk macem kesirep. Akhirnya tidur dan menyesal saat ujian. Makanya tiap ditanya kapan S2, rasanya beban banget karna gue gak hobi belajar. Tapi dulu waktu masih SD kan suka ngisi biodata di diary temen-temen tuh yak, pencitraan banget isinya najoooong. Nama: Indira Nadya Paramitha. Hobi: belajar. Cihh!! :)))

Demi kepentingan eksistensi, gue aplot foto suasana kelas di Path. Si Dani komen, “Tuh translate dulu ke bu A”. Lalu gue jawab, “Ngerti kok dia. Kalo pada ketawa, dia ikut ketawa kenceng”. Terus ada lagi komen yang bikin gue ngakak, “Mr. Bean banget dong ya, kalo yang lain hallelujah ikutan hallelujah kenceng, hahaha”. Bwakakakak persis! 😆 😆

Belajar di kelasnya bisa seharian loh. Sampe sore bahkan kadang sampe malem 😐 Tapi dibawa seneng aja deh. Kan bisa sambil perhatiin cara berpakaian anggota dari negara lain juga (penting bangat). Hampir tiap malam setelah acara selesai, kami jalan-jalan ke Bugis Street. Gak ada bosennya lewat situ, apalagi tiap liatin duren yang betebaran di Durian Stall. Ngiler meeeeeeeeeenn… Pucuk dicinta ulam pun tiba, senior gue nreptir kami makan duren sepuasnya. Mancaaaabb.. Tau aja gue mau ngirit dolar untuk beli oleh-oleh. Jiahahaha.

Selain belajar di kelas, kami juga berkunjung ke DPR-nya Sinjepow. Pokoke keminclong moncer gedungeee.. Di salah satu sudut dinding gedung parlemen ada foto para anggota dewan dari jaman ke jaman. Masya Allah, salut banget sama mister Lee Kuan Yew yang istiqomah jadi anggota dewan dari tahun 1955 sampai dengan 1991. Jadi dari foto Pemilu paling kiri sampe paling kanan ada foto dia mulu. Hihihi.

Kami juga mengunjungi KBRI Singapura saat hari Kemerdekaan RI. Wiiih merinding rasanya ikut upacara bersama rakyat Indonesia yang sedang tinggal jauh dari rumah. Seenak-enaknya tinggal di luar negerih, pasti lebih enak tinggal di negara sendiri. Tanah airku Indonesia negeri elok amat kucintaaaa… *kemudian ingat paduan suara pimpinan Pak Dibyo*

Udah ah ceritanya. Masing banyak cerita yang kudu diposting inih 😀

aplap 2013
singapore parliament
independence day
duren

5 thoughts on “Singaparna Deui

Leave a comment