Pulang Kerja Naik Choo Choo

Kemarin sore, mobil jemputan kantor rusak. Padahal yang rusak AC-nya doang. Tapi ada satu dedengkot jemputan yang biwil, minta AC-nya direparasi. Alhasil pulang kantor gak ada jemputan, mesti ngeteng dah. Tadinya gue mau naik bus aja. Selain ngirit ongkos, udah pasti dapet duduk. Eh ternyata rombongan jemputan pada mau naik kereta, yoweis gue ikutan aja dah biar ada temen pulang.

Biasanya gue naik kereta dari stasiun Karet atau Sudirman, tapi kali ini ada ibu-ibu sejemputan yang ngasitau cara naik kereta dari stasiun Palmerah biar langsung ke arah Depok/ Bogor. Kalo naik keretanya dari Palmerah kan tinggal jalan kaki dari belakang kantor. Gak perlu naik bus lagi seperti kalo mau ke stasiun Karet/ Sudirman. Pas nanya harga tiket commuter line ke arah Depok/ Bogor berapa, gue langsung shock (woelah). Mehong beud bok! 13 rebuk! Tiket terusan namanya. Biasanya kalo dari stasiun Karet atau stasiun Sudirman, harga tiket commuter ke arah Depok itu cuma 6 ribu. Tiket terusan di sini bukan kereta langsung dari Palmerah ke Depok yah, tapi kita mesti ganti kereta di stasiun Tanah Abang ke arah Depok. Enaknya, di Tanah Abang kita udah gak perlu beli tiket lagi. Aman, tinggal slonong boy ke kereta selanjutnya.

Sebenernya bisa aja sih lebih irit, cuma agak riskan. Caranya, naik kereta dari Palmerah ke Tanah Abangnya mendek-mendek gak usah beli tiket. Hehehe. Ngirit tapi bikin deg-degan takut diperiksa petugas karcis. Tapi dari Palmerah ke Tanah Abang itu emang deket banget, jaraknya cuma 1 stasiun. Keknya gak sempet tuh si petugas untuk meriksain karcis-karcis kita.

Pas kereta berhenti di Tanah Abang, gue udah gegabah pengen langsung turun. Kata temen gue nanti aja turunnya. Yaudah gue ikutin lah instruksi beliau. Padahal gak tau maksudnya apa. Ternyata setelah pintu kereta dibuka, penumpang dari stasiun yang akan menaiki kereta itu ganasnya luar biasa. Serigala aja kalah! Jedaarrr mereka berhamburan mencari tempat duduk yang kosong di dalam kereta. Setelah keadaan sudah mulai adem tentrem, barulah gue dan temen-temen melangkah cantik menuruni kereta. Ooh jadi itu maksudnya gak boleh turun dulu kenapa. Pelajaran nih.

Suasana stasiun Tanah Abang cukup ramai. Waktu gue mau naik dan turun tangga menuju jalur kereta arah Bogor, banyak orang yang bergegas dan geragas. Macem adu bodi kita bok. Wedeh pada reman semua di sonoh. Udah gitu banyak banget yang gak disiplin. Tangga di stasiun itu sebenernya dipisahkan antara yang mau naik dengan yang mau turun. Sign-nya udah jelas terpampang. Tapi tetep aja ada yang turun tangga di tempat naik, ya tabrakan lah kita. Be to the go.

Jadi buat calon gubernur yang akan datang, urusin dulu tuh transportasi umum yang udah ada di Jakarta. Yang udah exist dulu dibenahin, jangan malah bikin ini anu yang malah tambah bikin macet jalanan. Liat sendiri dah betapa gak disiplinnya warga Jakarta dalam menggunakan transportasi umum. Gak commuter line, gak Trans Jakarta, sama aja ganasnya. Saling mementingkan diri sendiri, “yang penting gue dapet duduk” kali yak motto mereka. Bayangin betapa bahayanya kalo seluruh pengguna moda beringas kek gitu. Contoh tuh MRT di Singapur, ada jalur untuk naik, ada jalur untuk turun. Penumpang yang mau naik kereta mesti melipir di pinggir pintu, mendahulukan yang mau turun. Gak dorong-dorongan kek orang kempring! *emosih* Jadi inget ceritanya Hana. Suatu waktu dia mau naik Trans Jakarta, waktu bus datang, penumpang saling dorong berebutan mau masuk ke dalam bus. Unfortunately Hana jadi korban keberingasan para penumpang itu, dia jatuh di sela-sela antara halte dengan bus! Kasian 😦

Balik lagi ke stasiun Tanah Abang yang rameh gellak itu, di sana gue menunggu kereta arah Depok selama kurang lebih 15 menit. Kata Elga, naik kereta itu yang lama nunggunya, kalo udah naik mah bet bet bet nyampe. Oh bunyi kereta itu bet bet bet yak 😛

Kereta datang, gue langsung menaiki dengan disiplin tentunya. Walaupun gak dapet duduk, yang penting bisa dapet pegangan, aman. Eh ternyata dari stasiun Karet banyak sekali penumpang yang masuk. Begitu pula saat kereta menghampiri stasiun Sudirman. Ngek. Macem bedol desa. Menapakkan kaki aja sulit, gue sampe jinjit bok. Dorong sana sini, penuhnya amit-amit. Tapi Alhamdulillah di stasiun Manggarai, ada beberapa penumpang yang turun. Oh, ternyata mereka naik kereta itu cuma mau transit di Manggarai. Lumayan bisa napas dah walaupun masih jinjit-jinjit. Heheh.

Akhirnya sampailah gue di stasiun Pasar Minggu. Mau turun juga susah, mesti empet2an gitu. Untung gue naiknya di gerbong khusus wanita, rela dah kalo digrepe-grepe. Bhahahah jijay. Gak lagi-lagi dah gue naik kereta tepat pada waktu jam pulang kantor (kalo lagi gak ada jemputan). Mendingan nunggu sampe agak malem di kantor, baru dah pulang.

2 thoughts on “Pulang Kerja Naik Choo Choo

Leave a comment